SHARE

Imbauan ini disampaikan Bupati Saipul, disela menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-85 Desa Londoun, Kecamatan Popayato Timur, Jum’at, (07/06/2024) malam, di aula Desa Londoun.

CARAPANDANG - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait diadakannya kembali pemungutan suara ulang (PSU) untuk daerah pemilihan (Dapil) VI (Boalemo-Pohuwato), Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengimbau seluruh masyarakat Pohuwato untuk berpartisipasi aktif dalam pemungutan suara ulang pemilihan anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

Imbauan ini disampaikan Bupati Saipul, disela menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-85 Desa Londoun, Kecamatan Popayato Timur, Jum’at, (07/06/2024) malam, di aula Desa Londoun.

Selanjutnya bupati menekankan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara ulang ini untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan adil.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Pohuwato untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara ulang pemilihan anggota DPRD Provinsi Gorontalo. Partisipasi Anda sangat penting untuk menentukan masa depan daerah kita”,ujarnya.

Pemungutan suara ulang ini dilakukan menyusul adanya putusan dari MK terkait adanya permasalahan dalam pemilihan sebelumnya.

“Keputusan MK bersifat final dan mengikat. Jadi harapan saya begitu akan dilakukan PSU, maka kami minta kepada seluruh masyarakat Pohuwato untuk tidak golput. Kita akan memilih kembali kepada wakil kita terhadap 11 Aleg Provinsi Gorontalo dari berbagai macam partai. Keputusan MK akan berlaku sejak keputusan itu dikeluarkan atau selama 45 hari setelah putusan untuk diadakan pemungutan suara ulang. Sebagai warga negara yang taat hukum, maka keputusan MK harus kita hormati dan wajib hukumnya bagi KPU untuk menjalankan keputusan MK tersebut”, jelas Saipul.  

Bupati Saipul juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Mari kita jaga ketertiban dan keamanan bersama. Hindari tindakan yang dapat mengganggu kelancaran proses pemilihan. Saya juga mengimbau kepada seluruh pihak terkait untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh integritas”, tegasnya.

Dengan imbauan ini, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara ulang pemilihan anggota DPRD Provinsi Gorontalo dapat meningkat, sehingga proses demokrasi di daerah ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan wakil-wakil yang benar-benar mewakili aspirasi masyarakat.


Tags
SHARE